Dorong Ekspansi Produk ke LN, Wamendag: 46 Perwakilan RI Siap Fasilitasi

Wecome Tap and Growler di Situs Kami!

Jakarta – Dorong Ekspansi Produk ke LN, Wamendag: 46 Perwakilan RI Siap Fasilitasi

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuga mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mendorong ekspansi produk Indonesia ke luar negeri. Menurutnya, produk luar negeri bisa berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian Indonesia.

“Pelaku usaha harus mempunyai keyakinan bahwa produk yang diciptakannya akan berkembang dan sukses di pasar global,” kata Jerry dalam keterangan tertulis, Kamis (1/2/2024). Analis Energi Nilai Kapasitas Produksi Baterai di Indonesia Masih Perlu Ditingkatkan

Hal itu diungkapkannya saat melakukan kunjungan lapangan ke pabrik PT Bakery Pipe Industries (BPI), PT Bakery & Brothers TBK (BNBR) di Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (25/1). Turut hadir dalam acara tersebut Vice President PT BNBR Tbk Anindra Ardiansyah Bakri dan Direktur Utama PT BPI R. Atok Hendrayanto TV. Kunjungan lapangan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari karyawan PT BPI dan PT BNBR Tbk.

Jerry mengungkapkan, pemerintah memiliki 46 perwakilan perdagangan di seluruh dunia. Perwakilan perdagangan antara lain 19 Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC), 24 Atase Perdagangan (Atdag), 1 Dewan Dagang, 1 Kantor Perdagangan dan Ekonomi Indonesia (KDEI), dan 1 Duta Besar untuk Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Pelaku usaha dapat menghubungi perwakilan penjualan Indonesia yang bertugas mempromosikan produk Indonesia.

Perwakilan perdagangan Indonesia di seluruh dunia siap memfasilitasi usaha ekspor,” tegas Jerry.

Jerry juga meninjau produk-produk PT BPI yang dikembangkan dari bahan baku, seperti pipa helical submerged arc welding (HSAW), pipa longitudinal submerged arc welded (LSAW), dan pipa electric resistance welded (RW). Rasio bagian dalam negeri (TKDN) produk pipa PT BPI sebesar 52-66 persen.

“Tidak biasa, angka saham TKDN lebih dari 50 persen. Artinya TKDN menjadi penting di PT BPI. Bisa berbagi dengan mitra usaha lain untuk menambah informasi penggunaan saham rumah tersebut,” pungkas Jerry.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia berhasil mencatatkan surplus perdagangan selama 44 bulan berturut-turut hingga Mei 2020. Surplus perdagangan Indonesia diperkirakan mencapai US$3,31 miliar pada Desember 2023. Jumlah tersebut meningkat menjadi US$2,41 miliar dibandingkan ke bulan sebelumnya.

Sementara itu, Vice President PT BNBR Tbk Anindra Ardiansyah Bakri mengungkapkan, PT BPI didirikan pada tahun 1959 dan telah memiliki sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan internasional yaitu American Petroleum Institute (API) dan American Standard Testing and Materials (ASTM). PT BPI selalu meraih predikat penghargaan SNI dengan perak atau emas yang diselenggarakan setiap tahun oleh Badan Standardisasi Nasional.

“PT BPI merupakan salah satu perusahaan yang mendukung pertumbuhan PT BNBR Tbk. Produknya juga sudah bersertifikasi SNI dan internasional,” kata Ardi Bakri. Dorong Ekspansi Produk ke LN, Wamendag: 46 Perwakilan RI Siap Fasilitasi

Ardi Bakri menambahkan, PT BPI siap melanjutkan rencananya untuk memperluas produk Indonesia ke luar negeri. PT BPI telah berpengalaman menjual produknya ke pasar internasional seperti Kuwait, Australia, Iran dan Amerika.

Saat ini, PT BPI sedang membangun dermaga PT Southeast Asia Pipe Industries (SEAPI) di Kabupaten Lampung Selatan untuk memfasilitasi operasional logistik pipa besar. Pembangunan jet tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan sumber daya, kemampuan, dan proses produksi PT SEAPI. Proses pembangunan dermaga diharapkan selesai pada pertengahan tahun 2024. (akan/sendirian)